SELF-MANAGEMENT

Kata siapa kuliah malam bakal melulu bikin ngantuk? Dr. Selfi Budi Helpiastuti, M.Si dapat mematahkannya dengan slogan "kuliah = bersenang-senang". Metode mengajarnya yang unik, ceria, dan ringan mampu membangun suasana kelas malam menjadi lebih menyenangkan. Mahasiswa dibuat lebih berani untuk mengutarakan gagasan tanpa takut akan dicemooh orang lain. Dengan mengampu mata kuliah Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan, ia mampu menyampaikan materi dengan cara yang berbeda. Penampilannya yang super muda dan edgy berhasil merubah image dosen yang selalu serius dan menyeramkan. Darinya, saya bisa mendefinisikan manajemen dari sudut pandang saya sendiri, saya menarik kesimpulan bahwa manajemen adalah proses mengatur segala aspek yang ada dalam suatu organisasi/wadah demi mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Adapun menurut Richard L. Daft dalam bukunya Manajemen (2002), manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

Lalu apa saja sih yang diatur dalam manajemen? Kita dapat menyebutnya 6M, yaitu machine, man, money, material, method, dan market. Semua aspek ini diatur sedemikian rupa untuk menciptakan sistem manajemen yang berjalan baik. Kita perlu memanage hal-hal tersebut agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien, artinya suatu pekerjaan dapat diselesaikan secara cepat, hemat, selamat, dan mendapat hasil semaksimal mungkin. Namun, apakah manajemen akan menjadi baik sendirinya tanpa seorang pemimpin?

Menurut fungsinya, manajemen adalah proses planning, organizing, actuating, dan controlling. Nah, dalam sebuah wadah atau organisasi, pemimpin akan punya kendali besar terhadap sumber daya manusia yang bekerja bersamanya. Dengan adanya pemimpin, suatu tujuan akan tercapai dengan satu patokan perintah, sehingga tidak akan ada ketidakjelasan arah dalam melakukan sesuatu. Kerja sama inilah yang nantinya akan saling menguntungkan dan pekerjaan akan berjalan efektif dengan metode terbaik untuk hasil yang optimal.

Di pertemuan kemarin, Dr. Selfi juga menyampaikan asas-asas manajemen yang dikemukakan oleh Henry Fayol, antara lain:
1. Pembagian kerja
2. Wewenang dan tanggung jawab
3. Disiplin
4. Kesatuan perintah
5. Kesatuan arah/jurusan
6. Kepentingan umum
7. Pembagian gaji yang wajar
8. Hierarki
9. Keteraturan
10. Inisiatif
11. Kestabilan masa jabatan
12. Keadilan


Terlepas dari semua teori, manajemen harus bisa terimplementasikan dalam diri sendiri, mengatur skala prioritas untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Jika tidak ada self-management yang baik, hidup kita tidak akan tertata. Maka dari itu, ayo sama-sama belajar untuk merencanakan mau jadi apa kita nanti, tanpa sedikit pun menciderai rencana-Nya, kita bisa berikhtiar semaksimal mungkin untuk kebaikan dan menciptakan perubahan yang berarti.

Creator dan editor:
Nama: Annisa Rizkyta
NIM: 190910101096
Kelas: A2 - Hubungan Internasional UNEJ 2019

Waktu perkuliahan: Senin, 2 September 2019 (6.00 PM)

Daftar pustaka
Dokumen pribadi Dr. Selfi Budi Helpiastuti, M.Si
Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta: Erlangga
https://salamadian.com/pengertian-efektif-dan-efisien/&hl=id-ID

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maaf, Jika Tanganku Tak Sehalus Mereka (by ARH)

ACCEPTABLE LIES OR BITTER TRUTH? (Bahasa Version)

MENGAPA RATU ELIZABETH II BISA BERTAHTA DI AMERIKA? (Annisa Rizkyta)