Contoh PROPOSAL SMA

PROPOSAL PENELITIAN MENGENAI MINAT MEMBACA DAN MENULIS DI SMAN 2 GARUT

A. Pendahuluan
1. Latar Belakang Masalah
Buku adalah gudang ilmu. Buku menjadi sumber utama ilmu pengetahuan yang tak akan tergerus waktu. Buku merupakan salinan ingatan yang tidak rentan terlupakan.
Membaca adalah usaha yang dilakukan untuk memindahkan ilmu dari buku ke pikiran yang kemudian tak berat dibawa ke manapun. Dengan membaca, berbagai makna tertata untuk digunakan sedemikian rupa.
Ilmu yang didapatkan dari membaca tidam selalu menetap, akan selalu ada ilmu baru yang masuk ke dalam pikiran sehingga alangkah lebih baik jika bacaan yang didapat dilampirkan kembali menjadi catatan yang sarat guna melalui menulis.
Karakter suatu bangsa dapat dilihat dari budaya membacanya. Sudahkah kita membudayakan literasi? Minat baca yang meningkat akan menaikkan kualitas suatu bangsa. Minat menulis yang tak terkikis akan menggerakan rasa nasionalis.
Sehubungan dengan hal yang telah dipaparkan, sangat penting bagi kita untuk mengetahui minat baca dan tulis anak bangsa terutama di SMAN 2 GARUT dengan melakukan sebuah penelitian yang rencananya dituangkan dalam proposal ini.
Untuk mempermudah terlaksananya penelitian ini, kami sebagai peneliti turut menggandeng perpustakaan SMAN 2 GARUT yang sudah dengan rutin mengolah rincian data siswa yang berkunjung sebagai sumber utama penelitian kami.

2. Tujuan
Demi memperjelas arah penelitian ini, kami merumuskan tujuan penelitian sebagai berikut.
a. Untuk mengetahui besarnya minat baca dan menulis di SMAN 2 GARUT.
b. Untuk mengetahui teknis membaca dan menulis di SMAN 2 GARUT.
c. Sebagai tolak ukur untuk meningkatkan minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT.

3. Rumusan Masalah
Penelitian terhadap minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk merumuskan masalah berikut.
a. Bagaimana minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT?
b. Apakah penting menggalakan budaya literasi di SMAN 2 GARUT?
c. Apakah terdapat peningkatan minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT setidaknya dari hari ke hari?

B. Ruang Lingkup Penelitian
1. Objek
Penelitian ini mengikutsertakan siswa SMAN 2 GARUT agar lebih terlihat hasil yang lebih lengkap dan spesifik.

2. Jenis-jenis Kegiatan
- Mengamati pengunjung perpustakaan.
- Menganalisis dan mengolah data di buku kunjungan perpustakaan.
- Merumuskan hasil penelian

C. Kerangka Teoritis dan Hipotesis
1. Kerangka Teoritis
Sejauh ini, belum ada organisasi maupun individu yang meneliti sebesar apa minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT hingga tidak ada data yang rinci tentang hal ini. Namun terdapat data pengunjung perpustakaan yang dapat dijadikan sumber dan bahan studi banding.
Maka dari itu, penelitian ini sangat pelu diadakan untuk mengetahui dan mengolah data secara lebih rinci dan intens. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT.

2. Hipotesis
Berdasarkan data yang diolah perpustakaan SMAN 2 GARUT, dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan pengunjung perpustakaan. Itu berarti terdapat peningkatan minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT.

D. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan keadaan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.
Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah dengan observasi langsung ke pusat bacaan dan menulis yaitu perpustakaan.

E. Pelaksana Kegiatan
Peneliti : Annisa Rizkyta (siswa SMAN 2 GARUT)

F. Fasilitas
Sarana : Perpustakaan SMAN 2 GARUT
Peralatan : ATK dan komputer

G. Keuntungan dan Kerugian
1. Keuntungan
Dengan diadakannya penelitian ini, pihak sekolah akan mempunyai data yang akurat mengenai tingkat minat baca dan tulis di SMAN 2 GARUT. Jika sudah begitu, pihak sekolah khususnya bagian peningkatan mutu sekolah dapat merancang strategi untuk meningkatkannya dari tahun ke tahun.

2. Kerugian
Pada dasarnya penelitian ini tidak berdampak kerugian sedikitpun, akan tetapi dikhawatirkan terdapat beberapa hambatan atau kendala dalam pelaksanaannya, khususnya dalam pendataan karena terdapat beberapa siswa yang tidak mengisi buku kunjungan sehingga tidak terdata.

H. Lama Waktu
1. Waktu Observasi
Untuk mendata jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan, peneliti membutuhkan waktu selama satu minggu sekolah atau lima hari demi memaksimalkan data yang diperoleh.

2. Waktu Pengolahan Data
Setelah didapatkan data yang diperlukan, dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya dua hari untuk mengolah data, menyusun laporan penelitian dan membuat kesimpulan.

I. Pembiayaan
Untuk melancarkan jalannya penelitian, tentu dibutuhkan sejumlah biaya. Maka dari itu, peneliti mengajukan estimasi biaya sebagai berikut.
KeperluanBiayaPerlengkapan ATKRp 25.000KonsumsiRp 35.000JumlahRp 60.000Sumber pembiayaan:
- Biaya pribadi
- Kepala sekolah

J. Penutup
Demikianlah proposal yang kami ajukan, semoga dapat diterima oleh pihak yang bersangkutan sehingga penelitian ini dapat terlaksana secepat mungkin. Karena bagaimanapun, karakter suatu bangsa tercermin dari minat bacanya. Maka dari itu, diharapkan Bapak/Ibu dapat memberikan bantuan yang mempermudah jalannya penelitian ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maaf, Jika Tanganku Tak Sehalus Mereka (by ARH)

ACCEPTABLE LIES OR BITTER TRUTH? (Bahasa Version)

MENGAPA RATU ELIZABETH II BISA BERTAHTA DI AMERIKA? (Annisa Rizkyta)