MENGAPA RATU ELIZABETH II BISA BERTAHTA DI AMERIKA? (Annisa Rizkyta)

Terdapat beberapa bentuk negara yang dipelajari dan dipahami, antara lain: negara kesatuan, negara federasi, negara konfederasi, negara monarki, negara oligarki, dan negara demokrasi. Tapi, apa bentuk negara Kanada jika pimpinannya adalah seorang ratu yang juga bertahta di negara lain yang bahkan berbeda benua? 

Kanada adalah sebuah negara yang berlokasi di utara Amerika. Meski menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia, tapi Kanada bukanlah negara yang padat penduduk. Terkenal sebagai negara industri membuat rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Negara yang memiliki dua bahasa nasional ini pernah hampir kehilangan salah satu provinsinya. Quebec yang mayoritas penduduknya berbahasa Prancis mengadakan referendum tahun 1995. Namun suara terbanyak dimenangkan oleh kontra-separatis, hal itu yang membuat Kanada masih utuh sampai sekarang. 

Dominion of Canada dulunya adalah bekas jajaahan Inggris dan Prancis, sekarang negara ini dikepalai oleh Ratu Elizabeth II semenjak tahun 1952 karena merupakan negara persemakmuran dari Britania Raya (konfederasi). Namun ada juga hak istimewa sebagai kepala negara Kanada yang diampu oleh seorang Gubernur Jenderal, biasanya merupakan politikus senior atau orang Kanada yang berpengaruh, yang diangkat oleh Ratu atas nasihat Perdana Menteri Kanada. 
Berbagai kultur hidup berbaur di negara ini, arus imigran terus berlanjut sampai sekarang. Menjadikan Kanada kaya akan budaya namun tetap menjaga toleransi antar sesama. Peradaban negara ini tidak menonjolkan sifat chauvinisme sehingga tidak ada perselisihan yang berarti. Perbedaan tetap membuat mereka hidup berdampingan secara damai. Bahkan saat Quebec mengusulkan untuk separatis, tidak ada kekerasan sama sekali. 
Geliat kehidupan Kanada menjadi salah satu contoh dari sekian banyak negara berdaulat yang aman dan tentram. Apa pun bentuk negaranya, jika pemerintahan berjalan baik dan masyarakatnya merasakan kebaikan, dunia internasional akan menyambut dengan hormat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACCEPTABLE LIES OR BITTER TRUTH? (Bahasa Version)

I FIND NEW HAPPINESS

SUKA DUKA ANAK IPA YANG NEKAD KULIAH HI